30 September 2013

Daily Post 21 : Biarkan

Kertas putih memiliki pertanyaan,
didiamkan dibawah kabel-kabel menjuntai.
Buku-buku selesai dibaca,
dibiarkan menginap di dalam kardus, bawah meja, dan yang beruntung, dibiarkan memamerkan diri di rak buku.
Dua dari tiga batang rokok selesai dihisap, asapnya tak ada kabar pergi ke mana.
Air putih puas terkurung dalam botol, tidak mendidih tak pula dingin.
Mata sayu menatapi layar, jari-jemari menjadi wakil dari pikirian.
YA, saya sedang menulis.

29 September 2013

Daily Post 20 : Grateful

I'm totally blessed. That's what I (wishfully) feel for everysecond in my life. Yeah but sometime I don't.

I just made a vision board. This one is a version for my phone wallpaper. My teacher and some authors about kinda like "How to Get What You Want" said that if you really want something, make it visible everyday. You'll remember it. I believe it. I had made once and somehow it's just happen.

So I don't want to give so many details about this my recent vision board. I'm not feeling right to write  it on my blog right now.

I always have so many plans for my future. Yet sometimes I just want to stop thinking and let eveything whatever it leads me. There is a time when I just want to take a rest to breath. It was like running. So I just stop running. Life sometime is like a treadmill, no matter how faster you run you won't move to anywhere. It just give you some numerical on the screen about how speed and how much calories you burned. Forget about the abs.

I don't want to running again. I'm not as ruthless than me-in-past-years. I have to think logically, but still keeping my children soul inside. I love playing. I love dreaming. I just stop running, I want to walk. I want everything catched in every sense I have. I want to be more aware for everything in my life.

I crave for the details.

28 September 2013

Daily Post 19 : EyeNance

So yesterday was the first time I'm not doing this daily writing project. And I feel sorry about that, to myself. I have to make a punishment, and I already thinking of it. I don't want to push myself too hard, yet still having to give me a punishment. It should be not so dumb, but still fun to do yet still something I can learn from.


Honestly, I feel not as enthusisastic then I did before. But it's my promise I made, so I have to finish it.  Maybe it's just because I'm lack of sleep lately, even some pills can't help. But hey, who says it can't be more fun?



So I challenge myself to take my "random ideas" which gave me : "Kaca Mata dan Parfum!"


Segarnya Melindungi Hari Anda

Ya, tidak semua orang memiliki wangi yang bisa ditoleransi hidung Anda. Sayangnya, Anda tidak bisa mengubah mereka. Atau, memberi parfum secara tiba-tiba kepada mereka. Nanti tersinggung.

Daripada membuat orang lain tersinggung, kenapa tak mengubah diri kita sendiri?
Manjakan hidung Anda dengan memanjakan mata Anda juga. Kami mengerti hidung dan mata memiliki relasi yang sangat dekat. Jadi, lindungi mata Anda dengan kacamata pertama di dunia yang memiliki parfum yang dapat menangkal segala bau yang menyerang hidung Anda. Didesain khusus oleh ahli dari Italia, Jepang, Amerika dan seluruh ahli di seluruh dunia untuk menelurkan produk yang di tiap negara dirancang secara khusus.

Dapatkan EyeNance, kacamata yang tak hanya mengindahkan tapi juga membuat hari Anda lebih menyegarkan. Hubungi 085-7221-XXXXX untuk tawaran yang menarik!


I found what punishment I should do! So the punishment for my first (and hopefully the last) is writing 3 copy ads:

- Jualan Kumis ke anak remaja yang bersih, suka ke mall, sering cukuran.
- Jual gergaji ke CEO.
- Kursus bahasa Mandarin ke orang Islam fundamental.

26 September 2013

Daily Post 17 : Sorry

I just realize that I haven't pass this project yet. But yesterday when I was working on some college task I thought that I just broke my promise to myself. The best thing is...I still wrote it. Below is my writing yesterday.

This is the latest post I've ever written. And I'm feel so sorry about this. This is my fault, and I should have a punishment. I don't know what kind of punishment I should have. I DON'T EVEN EXPECT THAT I WILL PASS IT, SO I'M NOT PREPARING FOR IT. Yeah, even the worst man in the world who killed one hundred people had forgiven from god. So please forgive me for this. And this is weird when I ask sorry to myself. Am I crazy?

I hope no.

So, lets start writing again.


So I grab a random ideas again, and I found "PEN, COMPUTER, ENEMIES". Hmmm....maybe they are enemies? Or pen had fallen in love with computer, but the computer cheated on him/her? Or it could be about a pen who envy to the computer, or otherwise?

The last one, I choose.

I HATE YOU PEN.

How could be so free? You don't even need electricity to live. I'm envy you. For real. And I don't know how to say it to you. Is it just me or love and hate are the same thing? It's just have a different direction might be. North and south. I want to be like you who can going outside, know how it feels to hear the birds singing, hugged in a palm, know how the blood pressure feels like. Fuck you.

I'm stuck in the room with so many question that I only will be answered if I experience by myself. Have I told about the people? They will kick on the ass, literally when I getting so slow. They will replace me with the new one when I'm outdated.

Can I shrinked? Be so small, thin like you?

Can I?

Someone, please turn off me.

25 September 2013

Daily Post 16 : ITALIA

Kamus         : Kamu, udah lama juga?

Travel book : Iya, liat deh sampe debuan kaya begini.

Kamus         : Ah, itu orang emang udah males sih!

Travel book : Dia main sama kita pas di awal-awal aja. Sekarang udah enggak, sebel emang!

Kamus         : Kamu mending, udah biasa dianggurin di toko buku. Kamu kan second!

Travel book : Hei, tapi dia milih aku niat banget. Sampe nyari di internet. Dia juga jadi tau kafe tempat
                      aku dulu tinggal. Dia suka banget kafe itu sampe sekarang. Lah kamu?

Kamus         : Biarin dong! Yang penting aku masih baru. Biarpun dia beli aku karena kebetulan lagi    
                      liat aja.

Travel book : Iya deeh iya. Tapi kenapa ya dia gak pernah main sama kita? Gak seantusias dulu.

Kamus         : Bener banget. Kecewa sekali sama dia. Mungkin dia gak mau lagi ke Italia.


Italia, Italia, Italia. Sebuah nama, yang kalau disebut bikin gue jadi deg-degan. Ibarat dipanggil. Percakapan di atas adalah percakapan dua buku, yang mewakili beberapa buku lain mengenai Italia yang gue punya. Gue suka Italia. Gue pengen ke sana. Sayangnya gue lupa buat belajar bahasanya. Terlalu sibuk sama hidup yang kata orang sih kaya tai, kadang-kadang. Terlalu melankolis kaya kerupuk kena air; melempem. Membuat gue merasa kaya manusia pada umumnya. Manusia-manusia yang akan mati tanpa satu pun mimpi yang kecapai. Lebih bermanfaat jadi pispot nampungin tai-tai orang. Malesnya gue ini bisa gak ya disembuhin? Jadi, mulai sekarang harus mulai latihan lagi buat belajar bahasa Italia. Niat gue adalah sebelum berumur 24, gue udah harus ada di sana.

Italia, Italia, Italia!

Sei pazzo?

24 September 2013

Daily Post 15 : Blah Blah Blah Blah!

I've been some kind of trouble sleeping since 7 years old. I don't know why, maybe because I still having lot of energies I haven't used so I have to spend it 'till my body feels tired then my brain will shutting down the system. Then sleep well, have a real "good morning" like the happy people, get some tea to warming up the body et cetera.

I barely bought some pills to helping me getting sleep at the right time. It's the herbal one, I'm kind of afraid if I'm consume the chemicals. I don't want to ended up like Heath Ledger! I used one pill, and I found it's not working for me. So tonight I will spend like 2 pills (or maybe 3?). Hmmm... maybe some books gonna help. A boring one. Crap books with boring things inside in every word.

But maybe having kind of trouble sleeping is a gift. At midnight there are less distraction who always makes my angry-mode turned on. I wrote 2 stories in just two days! These are for the competition. I'm not put a high expectation that I will be the winner but at least I kicked my own ass to write.

Aaaaand, I don't believe that I have finished half way of my Daily Post project. It helps me to making a good habit to writing everyday about anything. Let's see what come next.

FYI, have you hear some Booooooom remix? They (err,or maybe he, Jeff Hamada the owner of Booooooom site) really made a good summer remix. But we don't have it here, yet we still can feel it. Try the newest one: Egypt BBQ. Click here to download.


23 September 2013

Daily Post 14 : 7 Good Morning Questions that Create Happiness


Waste my morning after waking up in front of my laptop, browse some sites and I've found this from Ogylvi's Facebook fanpage. It's interest me, and I can make it as my daily post hahaha. So, I will answer all these questions, wish that it really can brings me the happiness.

What is the most important thing I can do today for my own well-being?
Writing, absolutely! I have some writing projects. Like this on my blog, or writing some short stories. Writing is like a home for me. I can lying on it, I can cry on it or even laugh at the same time without anyone complaining on me.

How can I show my love to those I love?
I don't know. I'm rarely loving someone maybe. Even I still can't explain differences between "love because you love it" or "love because you have to". I let myself go through anywhere it leads. But, maybe I love some people. My mom, dad, brothers or sister. My friend. Okay, the answer maybe "I will listen". Just listen, I will trying to listen whatever they gonna say to me. Love is about listening sometimes, you can't make them do what you want. It's still something I have to show it right?

How can I encourage myself and others today?
Cheer up! I love some jokes. I will make them laughs with me. Maybe finding some new jokes around us. And for me? with writing this I swear it's encourage me too.

What can I do to make a positive difference in the lives around me?
Have a positive thought at first. Then do anything I love don't care about all the craps who say shits to me. I do anything I love to do, no one can deny if I still want to. It's a positive energy, even for that shitty people. They have to learn to appreciate the others who have their own dreams.

What is my intuition telling me about my current path?
Lack of enthusiast. I still have to express my potential. I have to writing more, drawing more, smiling more, get the fuck out of my mind more, and et cetera. I'm not finished one book yet, it's still have revisions. And I didn't learn Italian, Esperanto and French as I wanted to be.

What do I appreciate about my life right now?
My friends around me, my self who still have existence in this world. I still have 2 hands, 2 legs, and yes I still have a brain. I can read so many books, I can walk anywhere I want, I still can scream if i want to. My life still perfect.

What would I like to remember about today?
Everything, every details in what will happen in next hours. I want to remember about the taste I had when I ate the scribbled eggs this morning : salty with some cheese melted, so softly down to my digestive. I want to remember about the pressures when I writing this post. I want to remember about the sounds from my phone when I get a new text. Everything.

Finito! So, this is like a report. Somehow like a slap in my face. Still having some tasks, ugh, I mean "fun" to do today. Bye.

Picture from Ogilvy and Mather's fanpage here. They posted it via American Express here




22 September 2013

Daily Post 13 : ouY

,og tel gnileef hte tel I
,su neewteb srettulc eht lla os
,rewsna dluow ouy hsiw I snoitseuq 
,edam ev'I stliug eht lla dna
.dedaf
.kcab semoc syawla ti tuB
,elims ouy nehw ekil
em rof ton 
.efil eht rof tsuj tub
.og it tel dluoc I hsiW.


21 September 2013

Daily Post 12 : Benda (Alm.)

Ada banyak hal yang gue benci dalam hidup, tapi gak berdaya buat nyingkirin atau berlari dari hal itu. Misalnya : benda-benda yang gedenya gak terlalu gede.

Silakan pinjam tas gue, dan lihatlah benda-benda yang ada di sana; buku tulis kuliah, buku buat corat-coret atau gambar, dompet, ballpoint standard, pensil faber castell 2b, pensil faber castell 4b, pensil faber castell x-b (x = 1-seterusnya), penghapus, pengserut, kunci motor, kunci kostan, kunci gerbang menuju kostan, gelang murahan, charger laptop, charger usb, konektor buat ke colokan, konektor dari hp ke colokan, dan blah blah blaaah!

Silakan baca lagi benda-benda di atas...
Gue kasih waktu.

Hitung ada berapa.
Yang punyanya cuma satu; gue.

Satu orang. Tapi bendanya bejibun. Gue, yang teledor, punya banyak benda di tasnya. Silakan bertanya benda apa aja yang pernah hilang dari diri yang ceroboh ini:

1. Hati. YA. Ini bercanda. Ha ha. Ya, ketawa. Dikit juga gak apa-apa.

2. Kunci. GAK. Ini gak bercanda. Gue pernah hilang kunci kosan, lebih dari 3 kali. Itu seinget gue. Gak tau yang gak seinget. Entah kemana tuh barang. Belum lagi kunci spesies lain; kunci motor, kunci lemari, dan kunci hati. Yang terakhir juga bercanda.

3. Dompet. Gue pernah hilang dompet di minggu-minggu awal gue magang di Jakarta. Isinya dua ratus ribu. Dikit? Di zaman gue menulis ini duit dua ratus ribu masih bisa dimanfaatkan untuk membeli batagor sekitar 40x, beli aqua gelas 400 biji, dan beli barang-barang lainnya. Waktu gue SMA gue juga pernah kehilangan dompet, waktu itu juga di Jakarta saat gue keluyuran dari Cirebon menuju Bogor. Entah hilang di kereta atau dimana. Kehilangan dompet berarti juga kehilangan penghuninya; si KTP, si SIM, si kartu member di sana, si kartu member di sini, struk bekas jajan di Indomart, struk parkir bulan lalu di mall itu, KTM, kartu ATM, dan pihak-pihak bersangkutan lainnya.

4. Flashdisk. Dalam hidup gue cuma beli flashdisk sebanyak dua kali. Pertama saat flashdisk masih keren banget, waktu itu gue pede punya 128mb. Hilangnya gak tau, kasusnya gak pernah selesai. Yang kedua, saat gue kuliah. Besarnya 16gb. Lumayan gede buat transfer film dari laptop temen, atau dari laptop gue ke temen. Penyebab hilangnya juga gak diusut tuntas.

5. Jurnal. Buset, ini tulisan di mana gue menulis unek-unek, bla-bla-bla, latian nulis, bla-bla, curhat dikit, curhat banyak, marah-marah, nulis opini tentang hal remeh sampai hal gede, bla-bla-bla. Hilang! Demi tuhan ini ketelodoran yang udah akut. Semoga yang nemuin gak ngerti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Italia, bahasa Esperanto atau bahasa Turangga. Atau, semoga yang nemuin gak bisa baca sama sekali, terus dibuang, dibakar, hangus. Ah, tapi semoga juga yang nemuin baca di halaman pertama kalau gue kasih mantra disitu bahwa yang nemuin lalu membaca tanpa izin akan dapat karma.

6. Rokok. Kalau gue beli rokok ketengan ini suka ilang. Ralat, ternyata bukan ilang, tapi patah terus gue buang.

7. ...dan benda-benda lainnya yang sampai sekarang hilang di ingatan gue. Gak inget.

Nah jadi itulah beberapa almarhum barang gue. Gak tau sekarang nasibnya gimana. Apa mereka tenang di sana? Apa mereka kangen gue? Yakali kangen, yang ada malah ngomel-ngomel macam ibu-ibu yang ngomel sama anaknya, dan seringkali bikin gue bangun saat lagi tidur.

Gue gak ngerti, gue sakit apaan. Gimana caranya biar gue update firmware yang bisa meminimalisir bugs yang ada di diri gue ini. Gue butuh improvement. Mungkin barang-barangnya harus diiket biar gak ilang. Atau di lem? Terus gue gak bisa make. Terus percuma gue punya barang-barang itu.

Hidup gak bisa simpel apa ya? Di mana saat bangun tidur gue bisa langsung ke kampus tanpa harus naruh kunci kosan di saku depan, naruh dompet, atur buku di tas, atur pulpen, pensil dan blah-blah-blah! Hilang aja semua! Ribet bangat mau ke kampus aja birokrasinya bejibun.

Mungkin gue didesain khusus untuk jadi makhluk hutan. Enaknya gak perlu pake baju, kaus kaki kanan, kaus kaki kiri, celana dalem, boxer, dan celana panjang. Sepatu kanan, sepatu kiri. Bangun tidur gue bisa langsung gelantungan di pohon, teriak-teriak. Kalau minum gak usah nyiapin gelas, jalan ke dispenser, pencet yang biru, dekatkan gelas ke mulut, buka mulut, telan. Siap-siap kencing.

Hah, tapi gue gak akan bisa lari. Apa daya diri ini. Gak punya kuasa apa-apa. Maka dewasa itu mungkin ketika kita bisa mengatur hal-hal kecil di sekitar kita.

20 September 2013

Daily Post 11 : Puisi Setrikaan Kepada Semangkuk Mie Ayam

Apa yang semestinya dilakukan oleh sebuah setrika yang jatuh cinta pada semangkuk mie ayam? Akankah ia berpuisi, memetik gitar atau justru berdiam diri? Emang absurd. Tapi karena gue lagi-lagi bingung mau nulis apaan, akhirnya mengambil "random ideas" dan terpilihlah "Setrika pacaran dengan mie ayam". Gue akan membahas apa itu "random ideas" yang gue maksud di post selanjutnya.

Puisi Setrikaan Kepada Semangkuk Mie Ayam

Bagaimana kabar kuahmu yang berdaging?
kudengar suwir ayam tak lagi lunak,
bersama sambal yang tak jua diaduk
hampir membatu.

Bagaimana kabar mie mu yang mulai menyatu?
Berikan pesanku,
janganlah menempel pada badanku nanti.

Temanku si kemeja pernah berucap,
dunia berjalan dengan cara yang lucu.
Seperti ketakberdayaanku tak bisa menghangatkan
kau, yang membeku di mangkuk yang dibebani sendok, garpuh atau sumpit.
Menunggu diganti dengan hidangan yang baru.

19 September 2013

Daily Post 10 : Now Reading...

This year I read less books than I did in last year. Yes I still reading, which mostly an online article. I don't say that it's not reading, its just different. When I read an article, I feel my mind expand as I reading a book. But when I finished reading a book, I get some feeling that I just finished something. Its like I just getting know about someone. Yeah, book is like a friend. Some books I read it slowly because I still want to be with them, yet some books I read faster or even close it before it get finished.

Ok, enough for today. Now I'm reading...




18 September 2013

The Kid with a Bike


Sometimes I thought that I get bored for watching some movies because it lack of background music. But now I know it's wrong. Some movies are still great even without much music that dramatize the plot. Like this French film: The Kid With a Bike.

Cyril, who was left by his father trying to find him but makes some troubles. He wants to get his bicycle back, know where's his father and live with him. But his father abandoned him. Luckily, there is a hairdresser named Samantha who foster him on every weekend.

But bad boy is still gonna be bad. He makes some troubles again. Enough, you have to watch it yourself. I don't say that it's an interesting movies since I know most of people don't like kind of movies like this. But it's worth to watch.

Daily Post 9 : Talking With Stranger

Honestly it's not exactly what I want to write at first. I was wanted to write about my last trip to Gedong Songo Temple at Bandungan before it took really looooooong time to upload the pictures and I get bored. So I made a new tab, googling random things which brought me to some websites for chatting with strangers around the world. No, not omegle. Hhmmm okay, once.

I tried some chat-to-stranger website and I met some nice stranger to chat with. Like from India or Germany. And yes, I met some nerds who having masturb**ion on the internet. Shit. I don't know what's on their mind so they decided to do it in front of strangers and oh please...ONLINE? Maybe they got some bugs on their mind so it gets them kind of error or maintenance to think logically. I wish they will update their moral, since it's still free.

I think sites like these really interesting if people use it wisely. Oh come on, get your own room to have some kind of that shitty things. Sites like these helping me to at least something to do when I can't get my eyes closed for several hours. Like when we chatting sporadically about anything from our sex (yeah, it's the most common question. M/f?) to something like "I don't like winter. It makes street so flooded and we can't do lot of things we want to." Maybe from this I will have any ideas to write or drawing something.

Talking to strangers by the way, will give me a perception about how people at blahblahblah country seeing their own place not as enthusiast than us. They got bored too. Same like me. We need something new, something spontanously come to my mind and say "Why you haven't thinking about.....?" Fill the space with anything come first in your head.

Ok, enough. Finally I found my eyes tired. It's time for get some sleep. The good thing is....today I have no class to come!

17 September 2013

Daily Post 8 : Kalau Jadi Benda

Kalau ada malaikat tiba-tiba dateng terus maksa gue buat ngejawab pertanyaan "Kalau lu jadi satu benda, mau jadi apa?" saat gue lagi males ngapa-ngapain, gue gak tau harus ngejawab apa. Tapi gue mau mikir.

Mungkin gue mau jadi pensil. Bahannya kayu, lebih dekat ke alam. Semakin sering dipakai maka semakin cepat habis, tamat sudah riwayatnya. Terus dibuang, hidup selesai. Tenang di tong sampah atau dibakar buat diolah lagi entah jadi apaan. Sakit kayaknya.

Jadi helm mungkin? Gimana ya rasanya jadi helm. Dipaksa ngerasain setiap rambut-rambut pengendara yang entah keramasnya bersih apa enggak. Belum lagi kalau helmnya dipake anak-anak kuliahan yang males mandi. Atau, dipakenya sama anak-anak racing yang nyetir motor banyak gaya? Terus sakit-sakitan kalau jatuh dan kebentur aspal. Udah gitu gak ada yang nolongin. Jangankan gue, yang pengendaranya aja gak ada yang mau nolongin. Terus gue diganti aja gitu sama helm lain yang lebih keren dan nunjukkin "Gue raja jalanan ngeeng ngeeeeng ngeeeeeeng!".

Kalau jadi buku tabungan? Kalau empunya sering nyetor ke bank atau minimal cetak mutasi, gue bakalan ketemu teller bank. Entah cewek atau cowok. Yang tangannya bau duit, atau bau keyboard komputer plus mesin pengitung duit. Mungkin gue bakalan nyesek, cuma bisa nyium bau duit tapi gak dapet-dapet. Yang ada cuma dapet cetakan jumlah saldo. Kalau udah penuh? Diganti. Disobek. Sakit.

Jadi keresek? Berisiknya kalau dipake sama orang. Harus kekar kalau bawa belanjaan orang. Belum lagi kalau belanjaannya macam nangka atau malah duren. Sebaiknya punya kesabaran tinggi. Udah gitu dijadiin lapisan buat tempat sampah. Bau dan gak akan pernah bisa mandi untuk sekedar sabunan.

Cangkir? Ini sih harus tahan panas. Diisi kopi atau apapun tergantung siapa yang mau minum. Terus ngedengerin orang atau tamu ngobrol. Kalau di kafe berarti orangnya ganti-ganti. Sssst.....kadang kalau si pendatang itu jeli, doi harusnya sadar kalau cangkir yang dipakainya itu berkali-kali sama walaupun mesen kopinya beda-beda. Kalau kafenya segmented misalkan kafe para traveler, berarti bakalan ngedengerin destinasi-destinasi menarik. Atau keluhan visa yang gak jadi-jadi, birokrasi negara ini-itu yang ribet, sampai ketemu pujaan hati di negeri orang.

Kalau jadi headset? Siap-siap berhadapan dengan kotoran telinga. Kali-kali dielap ke celana. Kadang harus ngadepin kotoran telinga yang lain kalau dipinjemin. Terus harus punya suara yang bagus, mulai dari rock, pop, dangdut sampai lagu opera. Semua dijabanin. Terus harus rela berdiem diri di saku atau tas, terus kusut sesak nafas. Mati, tinggal setengah.

Oke, gue sendiri gak bisa nentuin mau jadi apaan. Gue gak tau kudu gimana kalau ada malaikat tiba-tiba dateng nanya begituan. Mungkin baiknya gue mandi dulu, showeran biar bisa mikir.

16 September 2013

Daily Post 7 : Dreams

When I was in SHS, my physics teacher had call me to his room after I had too long for not going into school. He asked me why, and I explain it to him.

I want to be a writer since I was a child. At that moment I haven't know exactly what kind of writer I really want. I told him that I don't want to learn any subject that have no relation with what I want. I want to learn the world, yes I want learn physic too but not like that. In Indonesia, students have to learn every subject and the government (with teachers) decide are they capable or not for going into the college.

And he said "Sometimes, you have to dream rationally. In the future you have many responsibilites; with your parents, family, and yourself."

I was kind of upset. He didn't understand. I had spend 12 years to get an "A" in every subject I never want. This is my life. I'm the one who choose how I will spend my day, week, month, year or decade. I want to write. I want to be a writer, not a physic teacher, optometrist, nor business man. I just want to be a writer. But I kept in silent, I knew he wouldn't understand so I just look down with my mouth closed.

Now, 3 years after I thinking about it again. Why when we get older, we have more things to be afraid of than when we were children? Yes we didn't have to think how to get money to pay any debts, but it is worth ? I don't want to say that finally I'm agree with what my teacher had said. But now I know why he said that.

In the end, I realise that a writer have to know about everything. How he can write good enough about a man who have a power from galaxies if he didn't learn astronomy, physics, biology and all subject related to it?

The reason why my mind leads me to remember about that moment is when one of my friend says to me "When you will chase your dreams again? You have a big dreams, a big passion, but when you will try to reach it?". Is like a slap into my face, a really hard one. Yeah, why now I'm being so passive in my own life. I do what people want me to do. I'm a sheep, I go to anywhere the other sheeps go. So lack of enthusiast in me. Am I really bruised enough so unconsciously I choose to shut up rather to speak up, what I used to be?

So, Turangga Sukandar Putra. Wake up!

15 September 2013

Instagram









I know that some people have no a high respect for instagrammer who acts like a photographer just by a mobile phone camera. But there's nothing wrong to learn photography using our phone. What matters isn't a technical thing sometimes, it's about the taste. The feeling of the photographer itself to make people feel what they feel about the thing. The easiest thing to do it is with mobile phone since we always bring it anywhere we go. So this is my instagram. All photos I taken with my phone camera.

My Instragram @Ranggatu

Daily Post 6 : Release

Let me in your lungs so I will relieve the anxiety from your coffee,
blow me so I will dancing through the air you breathe
Since I'm not the one who makes your heart beats faster,
leave me in the ashes so I can take a rest.

14 September 2013

Daily Post 5 : KILAT!

Beberapa orang bilang kalau ide itu datengnya disaat waktu mepet dengan deadline. Hah. Tapi itu gak berlaku buat gue kali ini. Baru balik ke rumah dengan deadline 10 menit lagi untuk memegang komitmen gue sendiri buat menulis tiap hari, bikin gue sempoyongan sendiri.

Tapi tetep harus nulis. Tentang apapun.

Oke, jadi daripada gak ada ide apa yang mau ditulis, mungkin gue harus menulis tentang apa yang bisa dilakukan dengan waktu 9 menit lagi ini!

1. Bikin Pop Mie. Ya, bikin Pop Mie gak makan waktu lama.
2. Denger lagu Spaceman-nya The Killers. Gak tau kenapa kok ini yang ada di pikiran gue.
3. Ganti celana dan lepas boxer. Hey, who needs more time for that kind of thing?
4. Teriak-teriak. Kayaknya teriak-teriak 7 menittttt gak akan bikin pita suara rusak.
5. Doa. Doanya yang singkat, padat dan jelas aja. Gak diperpanjang pake segukan nangis.
6. Bikin telor rebus setengah mateng. Wih, mantep sih ini.
7. Bikin sandwich? Selama persediaannya udah siap sih oke.
8. Sampoan. Since I have a short hair, I can wash it in second.
9. Makan kulit molen. Buset, gak tau lagi kenapa ini bisa muncul di pikiran.
10. SMS ke mamah minta pulsa. Ini juga gak butuh waktu lama sih.
11. Ngetweet, "KILAT AMAT BOOOOOSSS!"

Oke-oke sebelas cukup. Bisa buat main bola, atau kalau makan sebelas piring bisa bikin gendut, kalau sebelas hari kekurung di kamar sih positif bikin gila. Halah. Oke, ini tulisan ter-riweuh yang pernah dibuat kayaknya. Tapi gue masih bisa bernafas lega karena minimal project ini tetep jalan sampai hari ke lima ini

YEAAAH!

Kerja Optimal Tanpa Kabel Berbelit


Coba pikirkan, sudah berapa kali pekerjaan Anda dibatasi oleh kabel keyboard dan mouse Anda? Pergerakan tangan Anda jadi tak memiliki keluwesan atau bahkan harus berkutat untuk membenarkan kembali kabel yang berbelit-belit. Bahkan Anda harus dekat-dekat dengan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan, ketika diri Anda ingin sekedar duduk bersantai di atas sofa. Tapi, bisakah kita berbaring di sofa yang mengistirahatkan punggung dengan pekerjaan tetap terselesaikan?

Tentu saja bisa. Logitech Wireless Combo MK 520 memberikan Anda lebih dari itu. Desainnya yang ramping dengan kontur tombol yang membulat siap memanjakan tangan Anda menyelesaikan pekerjaan demi pekerjaan. Bosan? Tekan saja tombol play untuk memainkan musik, sudah disediakan keperluan multimedia khusus untuk Anda dalam satu perangkat. Ah, jangan lupakan kenyamanan tangan Anda yang mengontrol mouse. Dengan kontur dan genggaman karet yang lembut siap memanjakan tangan Anda ketika bekerja.

Untuk apa risau untuk selalu mengganti baterai? Karena baterai yang tahan lama hingga 3 tahun untuk keyboard dan satu tahun untuk mouse ini mengerti waktu Anda yang berharga.

Sama seperti kami menghargai waktu dan pekerjaan Anda. Maka Anda tak perlu untuk keluar ruangan dan meninggalkan pekerjaan yang penting untuk mendapatkan semuanya. Cukup dengan mengunjungi http://www.pricepanda.co.id/logitech-wireless-combo-mk520-pid1162400/ dan www.makanja.com Anda tetap dapat menyelesaikan pekerjaan di tempat dan biarkan kami yang mengirimnya untuk Anda.

13 September 2013

Believe Me

When we dead the sorrow won't be forever
it won't takes long
grin will painted on every faces suddenly
sky still blue, the ocean still salty
every answered questions stay hung
don't deny so it will be better

Daily Post 4 : Lazy

The most common way to become a great writer (also copywriter) is with writing consistently. So I made this "Daily Posting". But sometimes I find myself too lazy to write something or even to do anything. Like today.

But I want it. I want to become a great writer and copywriter both in Bahasa Indonesia, English, and any other languages like Italian, French and Esperanto. Yet I make really so much grammatical error that can make me looks dumb. But hey, who was invented the grammar? I think God didn't create the grammar. People did. So it's fine for me to write in english or any languages as much as I could. It won't hurts anyone I swear. Bad grammar won't make a man killed. Hmmm...except for grammar nazi who will always upset and feel disturbed by people who incapable to write with perfect grammar. Ah, let them at the corner of the room, licking their own ass.

I don't really know why I'm so lazy. It's often. There was a day when I just want to lying in my bed all day. I'm not reading a novel nor watching some movies, just like stoned. So I hope I can change this. Yes I believe I can. I need to support myself. Make some projects to cut down my lazyness and sharpen my skill in drawing, writing, photography et cetera.

Yes I will.

12 September 2013

Daily Post 3 : Muke Kering

Muka kering kerontang macam tai kucing kering yang dijemur bukan idaman setiap orang sih. Tapi ya bisa nimpa aja yang emang lagi apes; gue. Hidup itu labil, gue yang dulu punya muka berminyak sekarang malah kekeringan. Entah karena kurang air, ngerokok, atau hal-hal lain yang tidak bisa dituliskan dengan kata-kata. Halah.

Akhirnya gue cari tips dan trik buat mengatasi kulit kering ini. Hasilnya gak memuaskan. Paling disuruh buat minum banyak air, berhenti merokok, pakai pelembab wajah, dan bla-bla-bla. Gak ada tips yang lebih heboh sekaligus gampang. Misalnya ternyata biar wajah gak kering sesimpel olesin iler di pagi hari ke wajah.

Ngomong-ngomong tentang pagi,  gue nulis ini di waktu masih pagi. Walaupun belum terlalu pagi sih. Karena setelah baca beberapa artikel entah itu mengenai penulis pada khususnya, atau produktivitas anak muda pada umumnya. Perjalanan gue masih panjang, harus dimulai dari rutinitas walaupun secuil demi secuil tapi terus menerus.

Jadi, selamat pagi!

11 September 2013

Daily Post 2 : Labilisasi Kontroversi Pagi

Karena Vicky emang lagi ngehits, mungkin langkah bijak yang bisa gue ambil adalah belajar menulis dengan gaya seperti doi. Gak usah dimengerti, lah gue aja yang nulisnya bingung. Susah banget ya jadi doi. Bikin gue mikir gimana cara mikirnya biar bisa kaya begitu. Apa yang doi makan dan baca, terus siapa aja sih kenalan doi yang bisa buat doi jadi kaya begono. Ah, itu misteri ilahi.

Maka alarm semestinya sudah dinon-aktifkan untuk menunjang quality of sleeping yang dapat menghasilkan timing untuk terlelap lebih luas lagi. Lalu, jika quality dan perpanjangan masa terlelap telah panjang, dapat dipastikan bahwa sebuah mood dapat menjauhisasi dari fluktuasi hati. Ketika hati tidak lagi mengalamisasi fluktuasi perasaan, apakah dapat menjaminkan ketidak pastian darinya mengalami nihilisasi?

Ah, it's ok. Maybe we better try di lain time ketika our day mengizinkan kita untuk mengkomunikasikan apa-apa yang selama ini tidak dinetralisir. Menciptakan hubungan-hubungan tidak diinginkan yang memunculkan energi kalor di dalam hati.

Jadi, untuk itu mari kita sebaiknya mensortir apa-apa yang akan kita let it masuk ke dalam sistem perhatian dan pemikiran kita. So, we'll have a better life dengan harmonisasi hati, pikiran untuk terutama di waktu pagi.

10 September 2013

Daily Post 1 : Rindu

Karena males harus dilawan, jadilah gue menelurkan ini : Daily Post! Bukan sesuatu yang baru. Banyak orang yang udah dari dulu mulai; ada yang sukses, ada yang kembali males. Targetnya sih gak muluk-muluk tapi ga terlalu enteng juga: Sebulan. Atau lebih tepatnya 30, cukup segitu gak kurang gak lebih. Kelanjutannya gimana nanti, gue gak mau muluk-muluk.

Mekanismenya gue atur sendiri. Misalnya hari pertama ini gue gabungin dua hal yang gue pilih secara random dan gue harus bikin tulisan dari situ. Seberapa pendek atau panjangnya. Dan dua hal yang beruntung itu adalah : Telepon dan Truk. Karena kebetulan pas ide ini terbesit gue ngeliat telepon, lalu ngeliat keluar dan ada truk.

Bacot. Mulai dah!

Istri saya emang gak secantik Asmirandah yang di poster temen-temen saya simpen. Yang lain pada nyimpen emang buat ngilangin "anu", tapi saya gak mau. Saya cuma kepengen "anu" sama istri saya yang lebih cantik dari Asmirandah, atau neng Idah, neng Chacha, terus neng Pinki yang sering ngebor kalau lagi manggung. Cuma istri saya yang paling seksi.

Bolak-balik Jakarta-Tegal bikin saya jarang ketemu istri. Kita emang cuma hidup berdua karena nda' bisa ngasilin anak. Dulu, bapaknya istri saya minta saya cerai aja biar istri saya bisa punya keturunan. Saya juga gak bisa nolak sebenernya, lah wong saya cinta moso iya saya biarin dia menderita gara-gara saya? Tapi istri saya malah maksa saya buat gak ceraiin saya. Dia ndak mau punya suami selain saya katanya. Dia sampe nangis-nangis jelasin ke bapak-ibunya kalau dia cuma cinta sama saya. Untungnya bapak-ibunya ngertiin saya. Biar Lastri, adiknya istri saya aja yang nanti bayar utang keturunan buat mereka.

Saya harus kuat. Harusnya dua bulan lagi uang saya bakalan cukup buat beli henpon, langsung beli dua. Biar gak melulu minjem telepon atau henpon temen buat nelpon ke rumah bapaknya istri saya. Itu juga harus nunggu istri saya buat jalan dulu ke rumah bapaknya. Kalau istri saya masih jualan jamu, ya gak bisa nelpon. Kangennya gak bakalan sembuh-sembuh.

Lah ya tapi ya namanya nasib ya mau gimana. Dua bulan lagi saya harus tetep pinjem telepon buat nelpon ke istri saya. Tadi duit saya gak tau kemana, gak tau diambil orang atau diambil siapa. Sejujurnya curiga sama Pak Dede yang tadi gak tau ngapain ada di truk saya pas baru balik kencing, tapi ya gak baik nuduh orang yang enggak-enggak. Ya wis lah, mau gimana lagi. Mau mewek juga nda bisa, nanti telat ngirimnya. Besok saya bilang supaya istri saya gak usah dulu milih-milih nomer hape buat berdua.

Sekarang sih, pake poster Asmirandah dulu aja lah ya terpaksa.

Copywriter



Udah sewindu kayaknya gak nulis di blog, sampe lupa ninggalin blog ini dalam keadaan gak beres. Ah tapi ya nanti aja lah.

Bulan Juni sampai September kemarin, di mana saat-saat itu sebenarnya bisa digunakan untuk traveling ke sana-sini sambil nyantai sampai dekil, gue magang. Klise, umumnya orang setuju kalau apa yang kita impikan pasti akan jadi kenyataan. Ini juga yang akhirnya kesampaian.

Tempat ini emang apa yang gue impikan sejak tahun-tahun awal perkuliahan buat jadi tempat magang. 
Paul Coelhe bilang, “When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.” dengan bagaimana pun caranya, gue berhasil untung magang di tempat yang emang gue pengen.

As a copywriter!

Sekalipun gue dari kecil emang suka nulis, tetep aja banyak hal yang gue masih ngos-ngosan untuk mempelajari copywriting ini. Gak sesimpel dengan yang dibayangin, tapi lebih asyik dari yang dibayangin. Apalagi kuliah di DKV yang banyak berkutat dengan visual sering kebawa-bawa saat membuat radio script. Bener-bener belajar dari nol, atau bahkan dari minus 100 tentang copywriting, advertising dll.

The best part of it adalah adanya orang-orang yang ngasih kritik dan saran tentang copywriting gue sendiri. Dimulai dari "Bahasa lu tua banget!", "Ini sih visual banget." sampai "Ini bukan Turangga yang gue harapkan." jatuh bangunnya kerasa di sini. Tapi ini yang emang gue harapkan sebelum masa magang, di mana ada orang yang emang ahlinya di bidang ini dan memberikan saran ke gue tentang copywriting gue ini. Karena di bangku perkuliahan, masih jarang ditemukan orang-orang yang memiliki minat di copywriting ini.

Gue gak akan membeberkan secara jelas tugasnya copywriter ini ngapain aja. Itu bisa didapat dari internet. Apalagi ilmu copywriting gue, yang tadinya minus sekarang mungkin baru mencapai titik nol. Harus belajar lagi.

Kalau mau disimpulkan dalam satu kalimat, apa yang gue pelajari dari magang di Lowe Indonesia ini adalah "Bersikap dan berpikiran terbuka untuk tahu lebih banyak tentang semua hal". Dengan tahu, kita bisa menghargai, entah itu menghargai ide yang tiba-tiba nongol di malam hari saat kita mau tidur dengan menulisnya, menghargai dan mendengarkan saran-saran AE (Account Executive), klien, dan semuanya. Dengan berpikiran terbuka, kita gak malu-malu untuk mendengar semua genre musik yang enggak kita banget misalnya dangdut, rock, sampai Arab disko yang bisa jadi inspirasi. Hal ini bukan cuma buat copywriter, art director atau orang-orang kreatif, tapi juga buat semua orang.

Lalu, selain copywriting, gue juga sadar bahwa mempelajari ilmu Psikologi itu penting. Hubungannya dengan advertising, dan copywriting adalah dengan mempelajari psikologi gue bisa tahu bagaimana caranya berbicara dengan Target Audiens, atau target orang untuk produk yang gue jualkan itu. Banyak banget yang harus dipelajarin, semoga gak malas.

Laluuu the best of the best nya adalah, akhirnya gue bisa membayangkan diri gue di masa depan nanti. Kalau dulu masih bingung kalau udah lulus kuliah gue bakalan jadi apaan, sekarang udah jelas bahwa di masa depan nanti, gue ingin menjadi seorang COPYWRITER.