31 August 2012

Rajin?

Buku saku yang suka dipake menulis ide, coret-coretan atau cuma untuk menuang emosi. Dibungkus pake gambar peta biar terkesan seperti travelers :)



Rajin. Saya gak tau kata “Rajin” itu ada hubungannya apa enggak dengan kata “Raja”, tapi mungkin memang ada. Seorang Raja tentunya berkuasa atas wilayah kekuasannya, dan seseorang yang rajin paling tidak menguasai dirinya dari setan kemalasan.

Saya sendiri gak tau bisa dibilang sebagai orang yang rajin apa enggak. Saya sih masih belajar, dan mungkin seringnya malah gagal oleh rujukan setan kemalasan. Gak setiap hari target saya kecapai semua, seringkali ada beberapa hal yang harus saya ganti karena menemukan sesuatu yang lebih menarik di hari itu.

Atau hari ini misalnya. Setelah bangun pagi dan bla-bla-bla sampai jam 9an, saya menulis beberapa target untuk hari ini, kurang lebih ada 5 poin. Tapi sayangnya yang tercapai sampai tadi cuma satu, dan menulis ini adalah target lainnya lagi, yang berarti total hanya ada 2 poin target yang tercapai hari ini. Dan yang kedua ini juga mepet banget udah masuk hari berikutnya, 16 menit yang lalu.

Sebagai mahasiswa saya gak tau termasuk yang rajin apa enggak. Tapi beberapakali saya emang ikutan acara-acara kampus mulai dari membantu sampai cuma jadi penonton. Kalau masalah mengurus saya sendiri mengurus pemutaran film-film yang bisa ditonton siapa ajah dan tanpa biaya, tiap bulan 2 kali. Tapi itupun mungkin belum bisa disebut berhasil, entah kenapa sebenarnya minat saya gak besar-besar amat untuk menjadi pengurus pemutaran film itu. Harusnya mungkin gak kerasa capek, tapi tiap bulan mengurus itu dan dengan penonton yang sedikit dan pembagian kerja yang gak terlaksana, lama-lama saya sendiri sulit memaksimalkan pengerjaan tugas-tugas saya. Saya suka film, dan menikmati saat membuat film untuk tugas kampus kemarin, tapi saya juga suka dengan hal lain yang menurut saya lebih menarik dan dari kecil selalu saya lakukan : menulis dan menggambar.

Mungkin rajin itu ada ketika kita minat dalam bidang itu, saya sendiri suka menggambar (seinget saya nih ya) dari TK, sampai akhirnya masuk SD ketika punya Playstation (PS) saya yang kurang suka dengan kover dari kaset itu akhirnya menggambar sendiri dibagian belakang kover yang kosong. Disitu saya bisa menambahkan impian-impian saya untuk game itu, misalnya ada karakter baru yang seperti ini dan lainnya.

Kalau menulis saya sudah suka saat ada pelajaran mengarang di sekolah. Saya suka banget kalau tugas bahasa Indonesia itu mengarang bebas, atau membuat sebuah cerpen atau dongeng. Saya bisa keasyikan menulis sampai tangan saya kotor sama pulpen. Terakhir kali saya mengerjakan tugas mengarang itu di kelas 3 SMA, dimana saya dan teman-teman sekelas diperintahkan membuat sebuah dongeng di atas kertas folio dan dikumpulkan saat itu juga.

Saat SMP saya malah baru mulai suka membaca buku. Kalau dulu setiap semester baru dan bukunya juga baru, saya pasti langsung buka buku bahasa Indonesia dan mencari-cari cerpen. Biasanya sih saya suka buku-buku novel fantasi, psikologi, motivasi dan yang berhubungan dengan dunia seni visual pastinya.

Saya juga suka fotografi. Saya suka foto-foto yang bagus, dan saya suka bawa kamera analog saya kalau pergi jalan-jalan. Saya menemukan kepuasan disitu, dan hasilnya juga mendukung untuk tulisan-tulisan saya.

Kita juga akan rajin mungkin ketika kita tahu target dan tujuan kita. Saya sering buat tujuan, dan kemarin juga sempet bikin visionboard walaupun sekarang mau diperbaharui karena yang kemarin kurang begitu menarik. Untungnya beberapa kesampaian, dengan cara berusaha atau justru datengnya tiba-tiba tanpa pernah diduga. Tapi kalau masalah profesi saya mungkin gak begitu 100% yakin mau jadi apa, tapi saya pengen banget kerjaan saya gak jauh dari apa yang saya suka : merangkai kata-kata dan elemen visual.

Dan setelah cari informasi sana-sini, tanya-tanya ke temen atau senior akhirnya saya dapet nih target buat saya kedepannya gimana. Saya pengen bekerja di bidang kreatif, saya pengen menulis, mencari ide, membaca ini-itu, memvisualisasikan dalam sketsa, tuker pikiran dan voila! jadilah sebuah ide yang jadi nyata. Semoga saya bisa mendapatkan kerjaan itu, minimal di KP nanti, 2 semester lagi.

Semoga saya bisa lebih rajin seperti beberapa teman saya yang sangat rajin dan bisa membagi waktu, dan pastinya ngasilin duit hehehe.

Amin.

12 August 2012

Satu Sabtu Pagi

Satu Sabtu pagi, setelah jatuh dari sesuatu-tempat-yang-hmm-itulah, bukannya teriak kesakitan malah ngantuk dan akhirnya santai-santai di kamar sambil ngedengerin lagu-lagu santai, menggambar ini, mikirin itu-itu dan…tidur. Bangun-bangun baru ketauan bengkaknya sakit banget.