Pages

11 February 2013

Problematika Seblak Basah

Kalau lu lagi megang duit, laper, dan ada penjual seblak basah di sekitar lu, gue saranin lu beli itu jajanan. Biar nasibnya gak sesial gue saat ini.

Kayaknya gue lagi kena sindrom seblak basah, semacam ngidam atau mungkin kecanduan. Padahal seblak basah gak ada nikotinnya ya? Gue gak mau ngomongin panjang lebar tentang definisi Seblak Basah macam Wikipedia atau riset dulu sana-sini ngumpulin data cuma buat ngomongin seblak basah. Ayolah, cuma seblak basah! Sialnya adalah, ada semacam hukum alam; sesuatu akan menghilang dari peredaran di saat lu membutuhkan itu. Kaya kunci, yang suka ilang kalau lu lagi buru-buru ada janji tapi gak ada yang ngejagain rumah, kamar, atau kamar kosan.

Nah ini juga yang gue alami saat ini.

Biasanya sih gue punya beberapa penjual seblak andalan kalau gue lagi kepengen beli jajanan ini. Dan sialnya adalah, mereka semua menghilang, justru ketika gue sangat mengidam-ngidamkan seblak basah yang nikmat tiada tara itu!

Atau mungkin ada semacam himpunan, Himpunan Mamang Seblak Bandung (HMSB) yang sepakat buat ngasih pelajaran ke gue. Karena beberapa hari sebelumnya, gue sempet tuh mau beli seblak basah, eh tapi karena satu dan lain hal, gue pun gak jadi beli seblak basah dan melarikan diri ke jajanan yang lain. Mungkin si mamang itu udah keburu sakit hati dan nge-blacklist gue, terus melapor ke HMSB tersebut sehingga gak akan ada lagi mamang seblak yang mau ngelayanin gue. Mungkin setiap mamang seblak akan mengumpat kalau ngeliat gerak-gerik gue yang sangat mencurigakan, lalu menyembunyikan gerobak mereka. Atau mungkin berkamuflase menjadi gerobak jajanan lain, siomay atau batagor, lumpia basah, atau nasi goreng misalnya.

Nah ini nih salah satu problematika kenapa susah mencari seblak basah. Doi gak kaya nasi goreng yang bisa dijangkau di mana ajah. Gue sendiri sampe muter-muter ke sana ke sini tapi gak dapet-dapet. Sempet pasrah dan pengen ngopi ajah, tapi pendirian gue bulat buat menemukan seblak ini sampai bensin habis.

Sialnya, bensin udah tipis. Dan gue tetep gak nemu-nemu. Di jalan, gue sempet berandai-andai kalau seblak basah itu dijual di minimarket-minimarket macam Indomaret, Alfamart atau Circle K. Tapi kudu masih panas. Nah kalau begitu kan enak tuh, gampang banget nafsu membara atas sebongkah seblak basah bisa terpenuhkan di setiap saat.

Ah, kampret. Semoga besok bisa nemuin seblak basah. Tapi curiga sih kalau pun besok ketemu penjual seblak, hasrat tak tertahankan atas hidangan seblak basah nan mengenakkan membahana ini mungkin keburu padam.

Problematika kehidupan nomor sekian.

No comments:

Post a Comment