Pages

05 May 2013

Pacar Mainan


Kalau di film Drive (2011) Ryan Gosling berlaga cool dan macho dengan aksi ngebut-ngebutan dan tembak-tembakkan yang membuat Carey Mulligan kesemsem, maka di film berdurasi satu setengah jam ini dia justru jadi kebalikannya.

Lars adalah anak kedua dari keluarga Lindstorm yang taat pergi ke gereja  dan tinggal di rumah sederhananya yang jarang sekali bersosialisasi dengan orang-orang sekitar. Apalagi masalah menggaet cewek. Alhasil di umurnya yang sudah 27 tahun, dia tidak memiliki relasi dengan siapapun.


Karin (Emily Mortimer), istri dari Gus atau kakak kandung Lars yang sedang hamil ini khawatir dengan keadaan adik iparnya tersebut. Ia pun berusaha mengajaknya untuk sekedar sarapan, atau makan malam di rumahnya yang hanya terletak beberapa meter di depan rumah Lars agar ia tidak menutup diri lagi. Namun dengan berbagai alasan Lars menolaknya, atau sekalipun datang ia hanya berkutat dengan makanan yang disajikan dan tidak mengeluarkan sepatah katapun.

Hingga suatu saat usaha Karin ini terbayar, Lars datang sendiri ke rumahnya dan meminta bantuan karena ia kedatangan seorang tamu wanita. Tentu saja ia sangat bahagia dan bersedia menyiapkan apapun untuk menyambut satu-satunya wanita yang bisa membuat Lars menjadi lebih terbuka.

Dan satu-satunya wanita yang membuat Lars berubah itu ternyata hanya sebuah boneka.

Lars and the Real Girl adalah film drama comedy tidak hanya membuat tertawa namun juga menyentuh sisi emosional. Dalam film ini Craig Gillespie tidak membicarakan panjang lebar mengenai masalah keluarga yang dihadapi Lars, Gus serta ayah dan ibunya sehingga berdampak pada kehidupan mereka. Namun bagaimana reaksi masyarakat sekitar terhadap orang-orang seperti Lars ini dan bagaimana penonton diharapkan menjadi lebih peka terhadap keadaan sekitar. Misalnya bagaimana teman-teman Lars "meladeni" permainan yang dijalankan oleh Lars dalam pikirannya sendiri dengan ikut serta dalam permainan.

Film ini juga mengingatkan kepada film-film sejenis lainnya, seperti Robbin Williams di One Hour Photo (2002), film dari negeri sakura; Air Doll (2009), atau Jared Letto vokalis 30 Seconds to Mars di Mr. Nobody (2009). Yang pasti, buat siapapun yang menginginkan film selain lucu juga membuat kita berpikir wajib menonton film satu ini.

"We came over and sit, that's what people do when tragedy strikes."

No comments:

Post a Comment